Ulasan Galaxy Buds Pro: Semakin pintar, tetapi perlu dipoles

Dari segi teknologi, Galaxy Buds Pro mengemas woofer 11mm dan tweeter 6,5mm dengan dual speaker yang diklaim mampu meningkatkan bass.

Ulasan Galaxy Buds Pro: Semakin pintar, tetapi perlu dipoles
Sumber: Tek.id

Samsung Hadirkan Galaxy Buds Pro ke Indonesia. Perangkat pendukung audio ini memiliki sejumlah peningkatan dari segi desain dan spesifikasi. Tentunya hal ini dilakukan oleh perusahaan untuk meningkatkan kemudahan penggunaan.

Galaxy Buds Pro memiliki woofer 11mm untuk suara yang lebih dalam dan tweeter 6,5mm untuk nada tinggi yang jernih. Samsung mengatakan pengaturan saat ini sedikit meningkatkan kualitas suara bahkan dibandingkan dengan Galaxy Buds+. Inilah pengalaman saya dengan Galaxy Buds Pro.

konsep

Samsung telah merevisi desain headphone TWS ini. Dibandingkan Galaxy Buds+, bodi Buds Pro sedikit lebih lebar, terutama di area luar earbud. Namun desain ini terasa nyaman di telinga karena Samsung mengklaim perangkat ini didesain lebih ergonomis.

Tidak seperti desain headphone TWS vendor lain, Galaxy Buds Pro memiliki desain tanpa batang yang agak oval. Posisi penempatan juga ditujukan ke bagian atas telinga, yang mencegah earbud jatuh dan tersangkut di liang telinga. Sebagaimana dinyatakan dalam manual, Galaxy Buds Pro harus dipasang dengan benar untuk pengoperasian yang optimal. Oleh karena itu, Samsung menawarkan earbud alternatif hingga tiga pasang. Saya sendiri menggunakan built-in earbud dan merasa nyaman dengan Galaxy Buds Pro tanpa khawatir jatuh.

Tidak hanya desain earbud yang berubah, desain casing Galaxy Buds Pro berbeda dengan Buds+. Casing headphone generasi baru Samsung memiliki bentuk persegi dengan sudut membulat di keempat sisinya. Konsep desain ini sama dengan Galaxy Buds Live yang dirilis sebelumnya. Penempatan berbagai port USB dan lampu indikator serupa, dengan port USB Type-C diposisikan di belakang casing dan lampu indikator berada di depan. Ada juga lampu indikator di dalam casing pengisi daya yang menunjukkan tanda-tanda tertentu saat earbud terisi penuh atau sedang diisi daya.

Ulasan Samsung Galaxy Buds Pro

Bahan yang digunakan sendiri sangat nyaman dengan hasil akhir yang glossy dan warna yang memberikan efek shimmer sehingga tidak akan menunjukkan sidik jari atau mudah kotor. Demikian juga bahan yang digunakan pada earbud terasa nyaman di telinga tanpa menimbulkan rasa sakit. Menurut saya, desain ini terasa ergonomis dan nyaman dipakai dibandingkan dengan earphone bertangkai, terutama bagi saya yang berhijab. Dengan konsep ini, saya merasa nyaman menggunakan Galaxy Buds saat melakukan aktivitas sehari-hari.

Penempatan driver itu sendiri ada di earbud kanan dan kiri, memungkinkan pengoperasian di keduanya. Selain driver, Samsung juga telah menempatkan berbagai komponen pendukung seperti speaker, touchpad hingga mikrofon yang mendukung aktivitas pengguna selama tetap menggunakan Galaxy Buds Pro.

Sumber :