India Akan Garap Sistem Operasi Pesaing Android dan iOS

 Pemerintah India berencana menetapkan kebijakan bagi industri elektronik untuk membuat sistem operasi seluler baru, sebagai alternatif sistem operasi Google Android dan iOS.

Menteri Elektronika dan Teknologi Informasi India, Rajiv Chandrasekhar, mengatakan tidak ada sistem operasi ketiga selain keduanya.

Maka Kementerian dan Pemerintah India akan membuat sistem operasi untuk ponsel baru tersebut.

India Akan Garap Sistem Operasi Pesaing Android dan iOS

Chandrasekhar mengatakan, mengutip India Times dan juga audiopromedia, Kamis (27/1/2022).Diakuinya, pemerintah sedang mencari kapabilitas di ekosistem startup dan akademisi untuk mengembangkan sistem operasi yang dibuat langsung dari India.

Dia melanjutkan, “Jika kami memiliki kapasitas, kami akan sangat tertarik untuk mengembangkan area ini karena akan menciptakan alternatif untuk iOS dan Android di mana merek India dapat tumbuh.”

Dia mengklaim bahwa sebagian besar kebijakan dan pendukungnya ditinjau untuk menciptakan tujuan dan ambisi ini.

“Yang penting kita punya tujuan yang jelas. Begitu kita punya tujuan yang jelas dan apa yang perlu dicapai, semua kebijakan dan prosedur akan konsisten dengan itu,” katanya.

Sebagai informasi, banyak perusahaan teknologi yang berusaha bersaing dengan iOS dan Android.

Contohnya seperti Samsung, BlackBerry, Palm dan Microsoft, tapi semuanya gagal.

Satu-satunya perusahaan yang masih merilis sistem operasinya sendiri, di luar Apple dan Google, adalah Huawei dengan HarmonyOS.