Speedometer Mesin Sunburn, Ini Penyebabnya dan Cara Mengobatinya

Sebagai indikasi beberapa informasi penting, speedometer telah menjadi bagian penting dari sebuah sepeda motor. Terutama pada kendaraan roda dua yang dilengkapi dengan injeksi bahan bakar.

Speedometer menampilkan berbagai informasi. Seperti timbangan gas, speedometer ini bahkan menampilkan kode atau pesan masalah mesin.

Tentunya mengingat peran speedometer yang begitu besar ini, kita sebagai pemilik sepeda motor harus waspada agar tidak merusak speedometer kendaraan kita.

Kerusakan pada speedometer yang sering terjadi adalah terbakar sinar matahari. Speedometer yang buram karena terik matahari sering kali mengganggu.

Tak sedikit orang yang memutuskan untuk berspekulasi saat spidometer tidak terlihat. Tentu saja hal ini sangat berbahaya bagi sepeda motor yang dilengkapi dengan mesin injeksi.
Baca Juga : Cek Oli Mesin Rutin, Fatal Kalau Tidak

Spekulasi tidak sepenuhnya benar. Nah, lebih baik kita mengkhawatirkan speedometer daripada membuat spekulasi ini. Akan sangat beresiko jika alat tersebut mengalami sengatan matahari.

Selain itu, speedometer motor kami telah mengadopsi aliran digital. Tentu saja, jika kita tidak merawatnya dengan baik, itu menjadi lebih berisiko.
Cara servis speedometer mesin

Cara ini sebaiknya kita gunakan agar speedometer sepeda motor kita tetap awet dan bisa digunakan secara permanen. Alangkah baiknya untuk menghindari hal-hal yang tidak pasti seperti spekulasi.

Terutama pengendara sepeda motor yang menggunakan mesin injeksi. Sekali spekulasi itu salah, bisa dipastikan mesin sepeda motor yang jadi korban.

Temukan tempat parkir yang teduh
Hal pertama yang harus kita lakukan adalah mencari tempat parkir yang selalu teduh.
Baca Juga : Tips Jual Motor Bekas Bagi Anda Yang Ingin Menggantinya Dengan Yang Baru

Pengendara sepeda motor harus memarkir kendaraannya di tempat yang teduh. Sehingga motor tidak bersentuhan langsung dengan matahari.

Frekuensi tachometer dengan sengatan matahari adalah frekuensi mesin yang bersentuhan langsung dengan sinar matahari dalam bidang yang luas.

Masukkan Scotlite hitam transparan
Jika sulit berjalan dan perlu mencari tempat parkir yang teduh, kita bisa mencoba cara lain. Seperti menempelkan Scotlite hitam bening di speedometer.

Stiker ini melindungi speedometer dari sinar matahari langsung. Menempel stiker adalah alternatif lain.

Karena tidak semua tempat menawarkan tempat parkir yang berkualitas dan standar. Bahkan, kita sering menemukan tempat parkir di lapangan, tanpa atap sama sekali.
Baca juga: Daihatsu Xenia dan Sigra Akan Dilengkapi Fungsi Smart Assist Tingkat Lanjut

Keduanya bisa kita lakukan agar speedometer tetap awet dan tidak rusak. Jadi kita tidak perlu berspekulasi bahwa mesin sepeda motor kita sendiri yang terancam. (CW-006/khairulanam)

Sumber :