Tips Dan Trik Memilih Senar Gitar Akustik

Untuk menghasilkan suara gitar yang bagus tentunya salah satu faktornya adalah kualitas dari senar gitar itu sendiri. Memilih senar gitar yang salah, meskipun mahal, tidak akan menghasilkan suara yang sempurna. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk mengetahui cara memilih senar gitar yang sesuai dengan kebutuhan dan spesifikasi gitar yang Anda gunakan.

Anda dapat melakukan penelitian yang relevan tentang cara memilih kunci gitar atau mengundang teman-teman Anda yang memahami gitar dengan baik sehingga Anda memiliki referensi yang jelas. Memiliki senar gitar yang tepat pasti akan membuat anda tidak rugi uang dan waktu, selain itu tentunya gitar anda bisa menghasilkan suara yang terbaik.

Bagi Anda yang baru mengenal akord gitar, berikut adalah lima tips memilih akord gitar akustik yang perlu Anda ketahui yang kami kutip dari https://chordtela.co.id/. Dengarkan sampai akhir!

1. Pilih Ukuran Senar Yang Sesuai

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah menentukan ukuran kunci gitar yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Secara umum ukuran senar gitar terbagi menjadi tiga ukuran yaitu 009, 010 dan 011. Namun ada juga ukuran yang lebih kecil atau lebih besar dari ketiga ukuran tersebut.

Ukuran senar gitar yang lebih besar tentu saja membutuhkan kekuatan jari yang lebih besar pula. Oleh karena itu, bagi gitaris pemula disarankan untuk menggunakan senar bervolume sedang atau rendah agar lebih mudah dan nyaman saat memainkannya. 

2. Periksa tegangan atau tegangan senar yang akan dipilih

Ketegangan atau tegangan pada senar gitar juga merupakan salah satu faktor yang membuat gitar mampu menghasilkan suara terbaik. ringan Senar gitar dibagi menjadi atau rendah, normal dan tegangan tinggi atau tegangan tinggi. 

Setiap usaha memiliki karakter tersendiri, misalnya tegangan yang lebih rendah akan lebih nyaman dimainkan tetapi suaranya tidak terlalu besar. Tegangan rendah atau normal biasanya digunakan secara luas oleh gitaris pemula. Sedangkan gitaris profesional kebanyakan menggunakan tegangan senar yang lebih tinggi karena dapat menghasilkan nada yang lebih tinggi atau lebih tinggi.

3. Perhatikan baik-baik bahan senar yang digunakan dalam

Selanjutnya, perhatikan baik-baik bahan senar atau string yang digunakan. Bahan senar memiliki dampak besar pada nada dan timbre gitar. Bahan yang umum digunakan adalah perunggu 80/20 perunggu fosfor , Baja sutra, dilapisi benang.

Setiap bahan senar memiliki karakter akustiknya sendiri, misalnya perunggu memiliki , perunggu cerah fosfor , baja sutra memiliki suara yang lembut. Nah, dari sekian banyak bahan senar yang tersedia, Anda tinggal menyesuaikannya dengan kebutuhan gitar Anda.

4. Pastikan senar yang Anda pilih dilapisi dengan cairan anti karat atau

Dari sekian banyak merek senar gitar akustik di luar sana, banyak yang tidak memiliki pelapis atau pelapis anti karat pada produknya. Rantai dengan lapisan anti karat biasanya memiliki tulisan “dibungkus” pada kemasan produknya. Lapisan anti karat akan membuat senar gitar lebih awet dan tidak akan menjadi masalah jika diletakkan di tempat yang lembab.

Lapisan anti karat juga dapat mencegah tangan Anda berkeringat saat bermain gitar. Selain itu, lapisan ini membuat terasa lebih nyaman karena bukan keset. Namun, perlu diingat bahwa benang dengan lapisan anti karat lebih mahal daripada benang tanpa lapisan ini.

5. Perhatikan Ketinggian Senar

Hal terakhir yang sering dilupakan orang saat membeli senar gitar adalah tidak memperhatikan ketinggian grafik . Padahal selain tegangan senar, tinggi senar juga mempengaruhi kenyamanan dan suara yang dihasilkan saat bermain gitar. Senar dengan aksi dipadukan dengan tegangan rendah sehingga suara yang dihasilkan tetap jernih.

Di sisi lain, tendon dengan tegangan tinggi memiliki efek . Jika Anda kesulitan memilih tindakan , Anda dapat meminta pemilik toko untuk memilih yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda.

Memilih akord gitar yang tepat akan membuat Anda merasa nyaman saat memainkannya. Selain itu, suara yang dihasilkan akan lebih berirama atau tidak palsu. Nah, itulah beberapa tips memilih senar gitar yang bisa Anda terapkan saat ingin membeli atau mengganti senar gitar kesayangan Anda.